Rabu, 12 Juni 2013

KELILING KOTU ( jakarta )

Pada tanggal 5 mei saya dan teman satu kelas beserta dosen melakukan perjalanan ke KOTU tua atau bahasa gaulnya KOTU cuuy, perjalanan dilakukan untuk menganti uas so.. ngga ada uts di kelas dengan selembar kertas melainkan uts di lapangan ? Dengan cara mengunjungi museum-museum di sekitar KOTU seperti ke museum Bank Indonesia, museum Bank Mandiri, museum Fatahilah, museum Keramik dan yang terahir museum wayang.

Aduh cin rempong deh kita mulai aja yu.. ketopik utama..he

pada pukul 04:45 saya bangun huuaaammmm.....setelah saya bangun saya membangun kan tiga teman saya yang masih tertidur lalu mengajak mereka bergegas karana waktu sudah pagi hal pertama yang saya lakukan adalah sikat gigi, dilanjutkan mengambil air wudhu untuk menjalan kan kewajiban, setelah selesai sayapun mandi mereka mengantri ,..haha tau rasa kebluk sih ..Upss maaf kidding ,,, saya dan teman-bersiap pakai baju+celana dan??? Biasa cwe make up dulu sebelum bepergian lalu setelah itu pke kerudung ,. Wew cewe emang bener-bener rempong ciiin termasuk saya,..☺hehe tapi itu tidak memuat saya dan teman-teman terlambat ko,

So sampai pada akhirnya saya dan teman-teman sampai distasiun jam 05:30 saya dan 3 teman saya ternyat sampai duluan dari teman sekelas lainnya dan akirnya harus menunggu yang lainnya, hmm... :( ‍setelah semua berkumpul akirnya menaiki kereta rangkas jaya, lalu mencari tempat duduk.. sayapun duduk lama-kelamaan tertidur.



Sesampai nya di tanah abang sayapun turun dari kreta lalu berjalan mencari angkot untuk mengantar saya dan teman-teman kekotu seperti biasa dalam perjalan menuju KOTU saya dan teman-teman mengobrol dan bercanda tak sadar kita pun sampai dikotu, sesampainya dikotu sayapun dan teman-teman berkumpul,



tempat yang saya kunjungi pertama adalah museum BI (Bank indonesia) di dalam museum indonesia terdapat Sarana dan prasarana yang disajikan dalam museum pun cukup membantu para pengunjung. Saya menyaksikan sejarah Bank Indonesia lewat tayangan film di layar lebar LCD. Kalau informasi yang disajikan secara manual belum cukup, dapat juga menyentuh tombol-tombol yang tertera di layar monitor LCD berukuran kecil cukup dengan sentuhan jari. Secara teknologi, Museum Bank Indonesia sudah cukup memadai.










Banyak hal yang saya liat disana, benda-benda koleksi museum, koleksi mata uang, dan setiap ruangan terdapat lembar-lembaran yang berisikan tulisan pokonya masih bayak lagi saya pun sampai lupa..,,


Yang kedua mengunjungi museum bank mandiri.

Di dalam musium ini terdapat ruangan berarsitektur eropa dari lantai, kaca dll, bukan hanya bangunan terdapat juga benda-benda seperti mesin ketikan, kalkulator dan sistem pembayaran, ada notulen ada tempat mengantri tiket, ada kasir dan diperagakan seperti nyata dengan ilustrasi patung yang seakan-akan mirip dengan yang asli.






Yang ketiga mengunjungi


musium fatahilah dimusiudam ini terdapat Arsitektur bangunannya bergaya abad ke-17 bergaya neoklasik dengan tiga lantai dengan cat kuning tanah, kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama memiliki penunjuk arah mata angin.

Museum ini memiliki luas lebih dari 1.300 meter persegi. Pekarangan dengan susunan konblok, dan sebuah kolam dihiasi beberapa pohon tua.
Plang Peringatan Pembangunan Museum Fatahillah yang dahulunya adalah Balai Kota.




Objek-objek yang dapat ditemui di museum ini antara lain perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Cina, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.Terdapat juga berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak. Bahkan kini juga diletakkan patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap mempunyai kekuatan magis. Selain itu, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat digunakan pada zaman penjajahan Belanda.


Yang keempat saya mengunjungi musium keramik
museum ini menyajikan koleksi dari hasil karya seniman-seniman Indonesia sejak kurun waktu 1800-an hingga saat sekarang.

Koleksi Seni Lukis Indonesia dibagi menjadi beberapa ruangan berdasarkan periodisasi yaitu:
  • Ruang Masa Raden Saleh (karya-karya periode 1880 - 1890) 
  • Ruang Masa Hindia Jelita (karya-karya periode 1920-an) 
  • Ruang Persagi (karya-karya periode 1930-an) 
  • Ruang Masa Pendudukan Jepang (karya-karya periode 1942 - 1945) 
  • Ruang Pendirian Sanggar (karya-karya periode 1945 - 1950) 
  • Ruang Sekitar Kelahiran Akademis Realisme (karya-karya periode 1950-an) 
  • Ruang Seni Rupa Baru Indonesia (karya-karya periode 1960 - sekarang) 
Untuk Koleksi seni rupa menampilkan patung-patung sepeti Totem Asmat dan lain-lain.





Sedangkan koleksi keramik menampilkan keramik dari beberapa daerah Indonesia dan seni kreatif kontemporer. Selain itu ada juga koleksi keramik dari mancanegara seperti keramik dari Tiongkok, Thailand, Vietnam, Jepang dan Eropa dari abad 16 sampai dengan awal abad 20.

Dan yang terahir mengunjungi musium wayang


saya saat masuk terlebih dahulu membeli tiket, karna saya mahasiswa saya mendapat potongan harga dari harga biasa, sayapun memasuki musium yang pertamakali saya masuk saya langsung melihat wayang, wayang,..dan wayang yg dipajang, lalu sayapun berjalan kedalam...






Setelah berkeling di dalam museum wayang sayapun keluar, setelah itu saya dan teman-teman berkumpul kembali untuk berdiskusi tentang perjalanan yang sudah dilewati, waktu sudah sore akhirnya saya dan teman-teman begegas ke jalan raya mencari angkot ketanah abang, sayapun menaiki angkot setelah beberapa menit akirnya sampai pada tujuan, yaitu tanah abang sesampainya distasiun ditanah abang langsung menunggu kereta untuk pulang kerangkas.

Setelah lama perjalanan akirnya sampai dirangkas dan masing-masing pulang menuju tempat tujuan.. hah !! hari yang melelahkan sekaligus menyenangkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar